Minggu, 12 April 2020

3 Model Pembelajaran | Pengertian dan Langkah-langkahnya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai model-model pembelajaran.

Model pembelajaran yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam bahasa Inggris disebut dengan Project Based Learning. Model pembelajaran yang kedua adalah Model Pembelajaran Penemuan dalam bahasa Inggris Discovery Learning. Model  pembelajaran ketiga yang dibahas adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 

Berikut ini adalah pengertian-pengertian model pembelajaran di atas:

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) yang menghasilkan sebuah produk. Keterlibatan siswa mulai dari merencanakan, membuat rancangan, melaksanakan, dan melaporkan hasil kegiatan berupa produk dan laporan pelaksanaanya.


Pengertian Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
Adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri.Siswa harus menemukan informasi baru yang disediakan oleh guru. 

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning /PBL)
Adalah proses pembelajaran dalam kurikulumnya, dirancang masalah-masalah yang menuntut peserta didik mendapat pengetahuan penting, yang membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki model belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim. Proses pembelajarannya menggunakan pendekatan yang sistemik untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan yang nanti diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, dijelaskan langkah-langkah pembelajaran berdasarkan model pembelajaran.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Penemuan

a. Menentukan tujuan pembelajaran.
b. Melakukan identifikasi karakteristik siswa
c. Memilih materi pelajaran.
d. Menentukan topik-topik yang harus dipelajari siswa secara
e. Mengembangkan bahan-bahan belajar yang berupa contoh-contoh, ilustrasi,
    tugas dan sebagainya untuk dipelajari siswa.
f. Mengatur topik-topik pelajaran dari yang sederhana ke kompleks, dari yang
    konkret ke abstrak, atau dari tahap enaktif, ikonik sampai ke simbolik.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah adalah sebagai berikut:

Inti dari  dari proses pembelajaran berbasis masalah adalah melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa. Adapun langkah-langkahnya meliputi sebagai berikut:
a. Stimulation (pemberian rangasangan terhadap siswa mengenai masalah yang akan diselesaikan).
b. Problem statement (Identifikasi masalah/rumusan masalah).
c. Data collection (Pengumpulan data, kegiatan mengumpulkan informasi sesuai dengan masalah yang sedang dibahas).
d. Data Processing (Pengolahan data, kegiatan mengolah data dan informasi yang sudah diterima)
e. Verification (Verifikasi, yaitu pembuktian masalah dan hipotesa yang disusun sesuai dengan data yang telah diolah).
f. Generalization (Menyimpulkan, kegiatan menarik kesimpulan sesuai dengan masalah dan data yang diperoleh).

Langkah-langkah Model Pembelajaran Proyek

Fase 1 Orientasi peserta didik kepada masalah.
Fase 2 Mengorganisasikan peserta didik.
Fase 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Fase 5 Menganalisis  dan mengevaluasi proses pemecahan masalah