Minggu, 03 November 2019

Menyajikan Data Dalam Bentuk Daftar dan Tabel

Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis sedangkan kata menafsirkan adalah menangkap maksud perkataan tidak menurut apa adanya saja, melainkan diterapkan juga apa yang tersirat.

Untuk dapat menafsirkan data, diperlukan prasyarat bahwa siswa harus mampu membaca data terlebih dahulu. Untuk menafsirkan data, selain diperlukan kemampuan mendeskripsikan dalam tulisan dari data juga diperlukan kemampuan mendeskripsikan apa yang tersirat dengan mengutarakan pendapatnya sendiri sesuai data yang ada atau kemungkinan-kemungkinan prediksi yang ada pada data.

Sedangkan untuk membaca data hanya diperlukan kemampuan untuk melihat serta memahami apa yang tertulis pada data yang disajikan dalam bentuk tabel tersebut dengan cara mendeskripsikan dalam tulisan.

1. Menafsirkan Data Dari Daftar
Menafsirkan data dari daftar dapat dilakukan terlebih dahulu dengan mengurutkan data dalam
daftar dari yang terkecil. Data di atas dapat diurutkan dari yang paling kecil (dalam cm) seperti berikut.

Beni menanyai semua teman-temannya satu kelas tentang tinggi badan masing-masing. Beni menuliskan di papan tulis. Beni menuliskan tinggi badan 30 siswa kelas V. Setelah Beni menuliskan tinggi badan semua teman-temannya diperoleh data sebagai berikut. (dalam satuan cm)
140 142 138 150 155 156
165 148 145 157 158 162
154 156 155 149 151 152
152 157 160 143 154 163
150 140 142 138 150 160

Data di atas dapat diurutkan dari yang paling kecil (dalam cm) seperti berikut.
138 138 140 140 142 142
143 145 148 149 150 150
150 151 152 152 154 154
155 155 156 156 157 157
158 160 160 162 163 165

Dari data di atas diperoleh tinggi badan tertinggi adalah 165 cm. Tinggi badan terendah adalah 138 cm.

Asyiknya Mencoba
Hasil nilai ulangan harian Matematika kelas V materi Pengumpulan Data adalah sebagai berikut.
80, 85, 70, 90, 75, 80, 75, 70, 90, 95, 95, 90, 65, 70, 95, 90, 80, 70, 75,
70, 65, 60 ,75, 85, 80, 65, 90, 75, 70, 65.

Pertanyaan
a. Dari data di atas tulislah dalam bukumu daftar nilai dengan susunan yang teratur dalam bentuk kolom dan baris!
65, 65, 70, 70, 70,
70, 70, 75, 75, 75,
75, 75, 75, 75, 75,
75, 80, 80, 80, 85,
85, 85, 85, 90, 90,
90, 90, 95, 95, 95

b. Carilah nilai yang paling tinggi dan nilai yang paling rendah!Nilai tertinggi 95, terendah 65.

Asyiknya Berlatih
Hasil nilai ulangan harian Matematika kelas V materi Penyajian Data adalah sebagai berikut.
90, 95, 75, 80, 75, 70, 75, 75, 90, 95, 80, 90, 65, 70, 75, 90, 85, 70, 85, 70, 85, 65 ,75, 75, 85, 75, 95, 70, 80, 75

Pertanyaan
a. Dari data di atas tulislah dalam bukumu dalam bentuk daftar nilai dengan susunan yang teratur dalam bentuk kolom dan baris!
65, 65, 70, 70, 70,
70, 70, 75, 75, 75,
75, 75, 75, 75, 75,
75, 80, 80, 80, 85,
85, 85, 85, 90, 90,
90, 90, 95, 95, 95

b. Carilah nilai yang paling tinggi dan nilai yang paling rendah!Nilai tertinggi 95, terendah 65

c. Urutkan dari yang terendah sampai yang paling tinggi!
Urutan data dari terendah adalah …
65, 65, 70, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 75, 75, 75, 75, 75, 75, 75, 80, 80, 80, 85, 85, 85, 85, 90, 90, 90, 90, 95, 95, 95.

2. Hasil penjualan barang-barang koperasi sekolah selama 6 hari adalah
Senin adalah Rp45.200,00
Selasa adalah Rp50.500,00
Rabu adalah Rp60.000,00
Kamis adalah Rp75.000,00
Jumat adalah Rp40.000,00
Sabtu adalah Rp65.500,00

Pertanyaan
a. Dari data di atas tulislah dalam bukumu dalam bentuk daftar nilai dengan susunan yang teratur dalam bentuk kolom dan baris!
Senin adalah Rp 45.200,00
Selasa adalah Rp 50.500,00
Rabu adalah Rp 60.000,00
Kamis adalah Rp 75.000,00
Jumat adalah Rp 40.000,00
Sabtu adalah Rp 65.500,00

b. Carilah nilai yang paling tinggi dan nilai yang paling rendah!Hasil terendah adalah Rp40.000,00 dan tertinggi Rp75.000,00.

c. Urutkan dari yang terendah sampai yang paling tinggi!
Urutan Hasil Penjualan dari yang terendah adalah Rp 40.000,00, Rp 45.000,00, Rp 50.000,00, Rp 60.000,00, Rp 65.000,00, Rp 75.000,00.

2.Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
Edo menuliskan daftar golongan darah teman-temannya. Edo menanya satu per satu, kemudian menuliskan di sebuah kertas.

Golongan darah dari teman-temannya terdiri atas A, B, AB, dan O. Apabila kita menginginkan data semua siswa tentang golongan darah, maka data tersebut dapat mewakili. Namun, kamu menginginkan beberapa siswa yang memiliki golongan darah A, B, AB, atau O. Oleh karena itu, daftar di atas masih sulit untuk membacanya. Penyajian data sangat penting agar mudah untuk membacanya.

Daftar golongan darah di halaman 213 dapat disajikan dalam berbagai tabel. Apabila bentuk di atas dibuat dalam bentuk tabel dengan memberikan garis kolom dan baris akan menjadi bentuk sebagai berikut.
No.Golongan DarahNama Siswa
1.ABeni, Arin, Pandu, Zaki, Putri, Ahsin, Mahmud, Ahmad, Shila, Umar, Wali, dan Panji.
2.BEdo, Indah, Ahada, Salma, Aqil, Aroh, dan Muna.
3.ABLani, Udin, dan Uli.
4.OSiti, Ayu, Rima, Delia, Ali, Rara, Rani, dan Nia.

Berdasarkan tabel di atas, kamu sangat mudah melihat siapa saja anak yang memiliki golongan darah A, B, AB, dan O. Banyaknya golongan darah juga langsung terlihat, yaitu A, B, AB, dan O. Pada kolom nomor akan menentukan banyaknya golongan darah, yaitu ada 4 golongan darah.
1. Golongan darah A ada 12 anak.
2. Golongan darah B ada 7 anak.
3. Golongan darah AB ada 3 anak.
4. Golongan darah O ada 8 anak.

Apabila daftar golongan darah di atas menginginkan banyak siswa masing-masing golongan darah, maka dapat dibuat tabel berikut.

DAFTAR GOLONGAN DARAH SISWA KELAS V
No.Golongan DarahBanyak Siswa
(Frekuensi)
1.A12
2.B7.
3.AB3
4.O8
Jumlah30
Banyaknya siswa yang memiliki golongan darah A, B, AB, dan O terdapat pada kolom banyak siswa atau disebut frekuensi. Tabel dengan kolom frekuensi disebut tabel frekuensi.

Pada tabel frekuensi pada kolom bawah kanan menunjukkan jumlah. Jumlah di sini adalah banyaknya siswa kelas V, yaitu 30 anak. Tabel frekuensi sering digunakan untuk menyajikan data dari kelompok tertentu karena mudah untuk melihat informasi secara keseluruhan. Namun untuk melihat secara detail atau rinci, diperlukan data tambahan.

Asyiknya Mencoba
Hasil penimbangan berat badan siswa kelas V diperoleh hasil sebagai berikut (dalam kg).
30, 35, 40, 42, 38, 45,
40, 35, 40, 42, 45, 38,
45, 30, 35, 40, 45, 40,
38, 35, 42, 40, 45, 40,
45, 40, 38, 40, 45, 40.

Buatlah tabel frekuensi dari data di atas!
Berat BadanBanyak Siswa
302
374
384
4010
423
457
Ada berapa siswa yang memiliki berat badan tertinggi? Siswa yang memiliki berat badan tertinggi
(45 kg) ada 7 anak.

Ada berapa siswa yang memiliki berat badan paling rendah? Siswa yang memiliki berat badan terendah (30 kg) ada 2 anak.

Ada berapa siswa yang memiliki berat badan antara 30 kg dan 40 kg? Siswa yang berat badannya antara 30 kg dan 40 kg (35 kg dan 38 kg) ada 8 anak.

Asyiknya Berlatih
1. Dayu mencatat hasil penjualan buku di koperasi sekolah selama 6 hari. Hari Senin terjual 64 buku, hari Selasa terjual 36 buku, hari Rabu terjual 45 buku, hari Kamis terjual 40 buku, hari Jum’at terjual 60 buku, dan hari Sabtu terjual 30 buku.

Pertanyaan
a. Buatlah tabel frekuensi dari data tersebut!
HariBanyak Siswa
Senin64
Selasa36
Rabu45
Kamis40
Jumat60
Sabtu30
b. Hari apakah penjualan buku terbanyak?Hari Senin penjualan buku terbanyak.

c. Hari apakah penjualan buku paling sedikit?Hari Sabtu penjualan buku paling sedikit.

2. Data banyak siswa tiap kelas di SD Nusantara 01 pada Tahun Pelajaran 2017- 2018.
Kelas I = 32 anak
Kelas II = 28 anak
Kelas III = 30 anak
Kelas IV = 32 anak
Kelas V = 30 anak
Kelas VI = 32 anak

Buatlah tabel banyak siswa kelas I sampai kelas VI SD Nusantara 01.
BANYAK SISWA SD NUSANTARA 01 TAHUN PELAJARAN 2017-2018
KelasBanyak Siswa
I32
II28
III30
IV32
V30
VI32

3. Berikut adalah nilai ulangan Matematika siswa kelas V.
65 60 75 75 75 80
80 75 95 75 75 85
85 75 65 75 80 80
85 85 65 85 85 90
80 90 65 95 90 95

Pertanyaan
Buatlah tabel frekuensi dari daftar nilai di atas!
NilaiBanyak Siswa
601
654
758
805
856
903
953
Berapa banyak siswa yang mengikuti ulangan Matematika? Banyak siswa yang mengikuti
ulangan adalah 30 anak.

Berapa banyak siswa yang mendapatkan nilai 80? Siswa yang mendapat nilai 80 ada 5 anak.

Berapa banyak anak nilainya kurang dari 75? Siswa yang nilainya kurang dari 75 ada 5 anak.

Berapa siswa yang mendapat nilai tertinggi? Siswa yang mendapat nilai tertinggi (95) ada 3 anak.

4. Di Koperasi Sekolah SD Nusantara 01 menjual berbagai alat tulis siswa. Persediaan alat tulis siswa di Koperasi Sekolah adalah sebagai berikut.
Penghapus ada 64 buah.
Pensil ada 72 buah.
Penggaris ada 48 buah.
Buku tulis ada 96 buah.
Buku gambar ada 30 buah.
Bolpoin ada 45 buah.

Pertanyaan
Buatlah tabel frekuensi dari data di atas!
BarangBanyak ATK
Penghapus64
Pensil72
Penggaris48
Buku Tulis96
Buku Gambar30
Balpoin45
Sebutkan persediaan alat tulis yang terbanyak!Buku tulis.

Sebutkan persediaan alat tulis yang paling sedikit!Buku gambar.

5.Perhatikan harga alat tulis yang dijual di koperasi sekolah seperti berikut.
Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis sedangkan kata menafsirka Menyajikan Data Dalam Bentuk Daftar dan Tabel
Pertanyaan
a. Buatlah tabel harga berdasarkan gambar alat tulis di atas!
BarangHarga
PenghapusRp1.000,00
PensilRp500,00
PenggarisRp2.000,00
Buku TulisRp3.000,00
Buku GambarRp6.000,00
BalpoinRp1.500,00
b. Berdasarkan tabel yang telah kamu buat, alat tulis yang memiliki harga di atas Rp1.000,00 adalah Penggaris, buku tulis, buku gambar, dan bolpoin.

c. Sebutkan alat tulis yang memiliki harga tertinggi!Buku gambar.

d. Sebutkan alat tulis yang memiliki harga terendah! Pensil

6. Perhatikan tabel pada halaman 221; daftar hadir siswa kelas V, untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!

Pertanyaan
Buatlah tabel piket kelas mulai hari Senin sampai hari Sabtu dengan ketentuan sebagai berikut.
Hari Senin nomor 1-5.
Hari Selasa nomor 6-10.
Hari Rabu nomor 11-15.
Hari Kamis nomor 16-20.
Hari Jum’at nomor 21-25.
Hari Sabtu nomor 26-30.
SeninSelasaRabuKamisJumatSabtu
SitiAyuPanduAhsinShilaRani
BeniRimaZakiAhadaAqilAroh
EdoArinPutriSalmaUmarPanji
LaniIndahDeliaMahmudWaliMuna
UdinUliAliAhmadRaraNila